Bakery & Pastry Equipment

BAKERY & PASTRY EQUIPMENT

Ada beberapa perlengkapan dalam proses pembuatan Bakery dan pastry. Berikut adalah peralatan-peralatan yang biasa dipergunakan dalam Bakery dan Pasty area :

Mixer

Mixer secara garis besar dibedakan menjadi planetary mixer dimana mixer ini bekerja berdasarkan perputaran planet sesuai dengan namanya. Beater berputar mengitari bowl dimana bowl tidak berputar atau diam. Sehingga dapat menghasilkan adonan yang rata dan lembut. Spiral Mixer adalah mixer yang dipergunakan ntuk mengaduk adonan yang kental dan kapasitas besar, dimana prinsip kerjanya spiral beater dan bowl berputar bersamaan sehunggi menghasilkan adonan yang merata dan lembut.

Dough Sheeter

Dought Sheeter merupakan mesin yang dipergunakan untuk mengepres adonan sehingga dapat berbentuk lembaran. Fungsi kerjanya : adonan dimasukan kedalam mesin ni, yg terdiri dari rol, sehingga adonan yang melwati rol akan ter-pres sehingga berbentuk lembaran dan dapat dibentuk selanjutnya lembaran adonan misalnya untuk kulit risoles, siomai, sui kiau, wo tie, kroket, lumpia dan sebagainya. Dough Sheeter ada yang manual portable maupun yang otomatis dengan mengguakan conveyor, dimana dapat bolak-balik pengepresannya, karena dilengkapi putaran motor yang dapat di fungsikan untuk pengoperasian bolak-balik

 

 

Proofer

Proofer adalah mesin yang dilengkapidengan humidity, biasanya kisaran setting humidity antara 80~85% demikian juga temperatur controlnya disetting di isaran 36°C~38°C untuk menjaga ke hygenisan dari produk yang dimasukan dalam proofer ini, material body dari proofer adalah stainess steeel. Dalam Proofer juga dilengkapi dengan tray atau nampan untuk menaruh produk yang diletakan di dalam proofer tersebut. berapa banyak tray atau nampan dapat disesuaikan dengan kapasitas yang diharapkan, sesuai dengan capaian produksi anda.

Oven

Oven adalah mesin untuk memanggang Bakery dan Pastry. Jenis dan modelnya pun bermacam-macam disesuaikan dengan produk yang dikehendaki. Energy panas yang dihasilkan dapat berupa dari listrik (heater) atau Gas. Ada jenis 1 deck, 2 deck dan juga 3 deck,semua disesuaikan dengan kapasitas produksi yang akan dicapai/dihasilan.

 

Under Counter / Up Right (Chiller/Freeze)


Show Case

Convection Oven

Prinsip kerja Convection oven adalah dengan kipas internal dimana akan membuat produk yang dipanggang, matangnya merata. Biasanya juga dilengkapi dengan ungsi steam (uap) hal ini ntuk mencegah panggangan menjadi kering/terlalu kering. temperatur biasanya bisa di adjust antara 30°C~200°C. Convection Oven ada yang menggunakan media penghantar panas electric dan gas, tergantung yang mana yang dibutukan sesuai dengan kebutuhan anda.

 

 

Leave a Reply